Memberikan beberapa konten terbaik dari kata kata, ucapan, pantun, contoh, tebak tebakan, cerpen daln lain lain.

Friday, November 23, 2018

Kapan Harus ke IGD saat Dada Sebelah Kiri Sakit?

Rasa nyeri yang menusuk di dada kadang membuat Anda menderita. Sesak di dalam dada jadi membuat Anda berpikir, apakah aku sakit parah? Ketika dada sebelah kiri sakit sakit, penyebabnya bisa sepele, misalnya kurang tidur karena begadang nonton siaran sepakbola. Bagaimana jika rasa sakitnya tidak bisa ditahan? Ini tanda-tanda Anda harus dilarikan ke IGD.

Kapan Harus ke IGD saat Dada Sebelah Kiri Sakit?

Mual
Saat dada nyeri disertai mual, bisa jadi yang sakit bukanlah paru-paru tapi lambung. Lambung dan usus halus yang terluka bisa menyebabkan mual, seolah-olah Anda sedang hamil muda. Apa hubungan antara lambung dan dada? Rupanya, nyeri lambung yang parah juga bisa menjalar ke bagian atas sehingga Anda bisa merasa sesak di bagian dada kiri.

Keringat Dingin
Biasanya Anda berkeringat karena hawa kota yang semakin panas, tapi siang ini keringat dingin mengucur deras dan Anda merasa lemas. Anda sudah minum teh hangat dan obat masuk angin, tapi keringat dingin tetap muncul? Segeralah pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan pertama karena bisa jadi itu adalah tanda awal serangan jantung.

Pusing
Saat sakit di bagian kepala dan dada tak tertahankan, pergilah ke IGD terdekat. Dokter akan memeriksa detak jantung Anda dan melihat apakah ada masalah. Pusing menandakan ada yang tidak beres pada metabolisme tubuh Anda. Jangan sampai telat masuk IGD saat dada sebelah kiri sakit jika tidak ingin sakit bertambah parah.

Sesak Nafas
Saat merokok, Anda merasa tubuh tetap sehat, tapi kali ini nafas terasa sesak dan dada jadi nyeri dan seolah-olah terhimpit? Jika Anda tetap santai merokok, bisa jadi besok sudah tidak tertolong lagi. Nyeri dada dan sesak bisa jadi pertanda awal penyakit jantung koroner. Segeralah pergi ke IGD dan dokter akan memeriksa apakah Anda baik-baik saja.

Jika perlu, dokter juga akan merekomendasikan Anda untuk memeriksa rekam jantung (EKG alias elektro kardio grafi). Pemeriksaan ini diperlukan untuk tindakan selanjutnya, apakah Anda perlu dirawat inap atau hanya menebus obat saja. Segeralah berhenti merokok karena bisa menurunkan daya tahan tubuh dan jadi penyebab sakit paru-paru serta jantung.

Batuk-batuk
Batuk-batuk dan nyeri di bagian dada adalah kombinasi yang luar biasa, membuat Anda susah tidur. Tak peduli di tengah malam, jika ada 2 gejala ini, pergilah ke klinik. Dokter jaga akan memeriksa Anda dengan stetoskop untuk mendengarkan detak jantung Anda. Jangan remehkan batuk dan sesak nafas jika tidak ingin cepat jadi almarhumah.

Jangan menganggap remeh saat dada sebelah kiri sakit. Jika sakit itu disertai dengan muntah, keringat dingin, dan sesak nafas, segera datang ke IGD. Saat penanganannya terlambat, maka nyawa Anda yang jadi taruhannya. Gantilah gaya hidup Anda dengan berhenti merokok dan mengonsumsi makanan sehat serta rutin berolahraga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kapan Harus ke IGD saat Dada Sebelah Kiri Sakit?